Rabu, 21 November 2012

RPP TIK


RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP) NO 1

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  4 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan      : MAN Majalaya


A.        KOMPETENSI DASAR

1.1.Mengaktifkan dan Mematikan Komputer dengan Prosedur yang beanr

 

B.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1.1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer

            1.1.2. Menjelaskan pengertian booting
            1.1.3. Memperagakan cara Warm boot dan Cold boot

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah proses pembelajaran siswa dapat menceritakan kembali proses atau sejarah perkembangan komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot
3.      Siswa dapat memperagakan cara warm boot dan cool boot
4.      Siswa dapat memperagkan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

D.        MATERI PEMBELAJARAN

·         Sejarah Perkembangan Komputer
·         Cold Boot
·         Warm Boot

E.         MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran kooperatif

F.         SUMBER BELAJAR

3.1        Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya  Sadiman, S.Pd
3.2        Seperangkat computer
3.3        LCD

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
·   Diskusi tentang sejarah perkembangan kompute dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang
·   Diskusi informasi tentang istilah Warm boot dan Cold Boot
·   Memperagakan cara untuk menghidupkan computer dengan metoda warm boot
·   Memeragakan cara untuk menghidupkan computer dengan Cold Boot
·   Siswa dapat Menjelaskan sejarah perkembangan komputer
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian warm boot
·   Siswa dapat Memperagakan cara melakukan Cold Boot dan Warm Boot

 

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.Pendahuluan

1.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2.      Apersepsi tentang tombol-tombol power pada komputer
3.      Motivasi tentang keunggulan yang dimiliki komputer

B.     Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan perkembangan komputer dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang.

Pertemuan kedua (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru memperlihatkan kepada siswa seperangkat komputer dengan lengkap, atau siswa dibawa ke laboratorium komputer dan ditunjukan satu persatu bagian, bagian dari monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Fungsinya
·     Guru selalu mengingatkan siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun berkaitan dengan komputer dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada komputer dengan asumsi siswa masih banyak yang belum mengenal komputer
·     Guru menjelaskan melalui layar LCD kepada siswa posisi tombol power CPU dan Monitor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru memperagakan cara menghidupkan monitor dan CPU sampai komputer siap
·     Guru menjelaskan keadaan monitor di mana komputer telah siap dipergunakan
·     Siswa memperagakan cara menghidupkan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.     Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.        PENILAIAN

·     Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1.  Tuliskan secara singkat sejarah perkembangan komputer 
2.  Faktor apa saja yang menyebabkan teknologi komputer berkembang sangat pesar 
3.  Jelaskan 3 komponen yang mendukung operasional komputer
4.  Apa yang dimaksud dengan (a) booting  (b) warm boot dan (c) coold booting
5.  Tuliskan secara lengkap prosedur untuk (a) coold boot (b) warm boot


6.   Jelaskan nama-nama alat berikut ini:
(a)                            (b)                                            (c)


 





·     Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Cara menghidupkan monitor




2
Cara menghidupkan CPU




3
Keterampilan warm boot




4
Keterampilan cara mematikan komputer




5
Prosedur, ketepatan dan kecepatan kerja




Rata-rata





Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70


Mengetahui,
Kepala MAN Majalaya



Drs. H. Zainal Abidin, M.Si
NIP: 195404091982061001

Majalaya, 16 Juli 2012
Guru mapel TIK



Ir. Ahmad Shofiyulloh, S.Pd.I NIP 197111242001121001
 

untuk selengkapnya klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar